Profile Kapolres Bangkalan


AKBP RAMA SAMTAMA PUTRA, S.I.K., M.Si., M.H.


AKBP Rama Samtama Putra, S.I.K., M.Si., M.H. mulai menjabat sebagai Kapolres Bangkalan terhitung mulai tanggal 02 September 2019. Perwira berpangkat melati dua di pundak ini merupakan pria kelahiran Sidoarjo, 22 Juli 1979. Merupakan anak ketiga dari empat bersaudara, AKBP Rama memiliki sejumlah track record yang cukup cemerlang selama bertugas menjadi anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

AKBP Rama merupakan Alumnus Akademi Kepolisian (AKPOL) Tahun 2001 dengan nama Batalyon Sarja Arya Racana. Sejak menjadi anggota polisi pada 01 Desember 2001, AKBP Rama banyak menghabiskan karirnya di tanah perantauan. Sejak 2001 hingga 2006, Rama Samtama Putra menghabiskan karirnya di Sulawesi Tenggara (SULTRA). Berawal menjadi PAMAPTA A Polresta Kendari di awal masa baktinya berseragam korps cokelat Polri, Kanit III URC Satreskrim, KBO Satreskrim hingga Kapolsek pun dicicipi Rama Samtama Putra selama 5 tahun berkarir di tanah Sulawesi.

Setelah itu, semenjak Maret 2006 hingga 2009 Rama Samtama Putra pun beralih ke tanah Sumatera. Lampung pun menjadi torehan tinta karirnya hingga pernah menjabat sebagai Kasatreskrim Lampung Timur pada 2009. Selepas Kasatreskrim, Rama Samtama Putra masuk ke Lemdikpol dalam rangka S2 PTIK. Karir cemerlangnya tak berhenti sampai di situ saja. Sempat menjabat sebagai Jiansosmas PTIK di Lemdikpol hingga 2012, Rama Samtama Putra pun sempat berada di salah satu kabupaten ujung barat pulau Indonesia yakni di Sumatera Utara.

Pernah menjadi sebagai Kapolsekta Medan Area Polresta Medan hingga menjadi Kasatintelkam Polresta Medan adalah bekal awal sebelum dirinya masuk Sespimmen tahun 2016. Selepas Sespimmen, mimpi Rama Samtama Putra untuk melanjutkan pengabdiannya di tanah Jawa pun menjadi nyata. Tak tanggung tanggung, Polda Jawa Timur yang notabene nya merupakan Polda impian seluruh Alumni Akpol pun kini menjadi naungan Rama Samtama Putra.

Di Polda Jatim, karir Rama Samtama Putra pun terbilang sangat mentereng. Berbagai kedudukan bergengsi pun disabet berkat kinerja nya yang sangat cemerlang. Terbukti, dari tahun 2017 hingga menjelang akhir 2019, Kasubdit IV/Tipid Renakta Ditreskrimum Polda Jatim, Kasubdit I/Tipid Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim, dan Kasubdit III/Tipid Korupsi Ditreskrimsus Polda Jatim. Berkat aksinya saat mengungkap kasus amblesnya RS Siloam pada akhir tahun 2018 silam, jabatan Kapolres Bangkalan pun berhasil digenggam nya pada September 2019.

Rama Samtama Putra juga tercatat menikah dengan seorang dokter yakni Novana Oktavia Mantiri dan kini memiliki satu orang putri dan satu orang putra yang masih kanak kanak. Menikah pada 2011, sang istri pun setia mendamping AKBP Rama kemanapun bertugas tanpa meninggalkan tanggung jawab utamanya sebagai seorang dokter.

Kini, jabatan Kapolres Bangkalan adalah sebuah bakti dan pengabdiannya di tanah Madura. Berkarir tak jauh dari kampong halaman di Sidoarjo, AKBP Rama berjanji akan berusaha semaksimal mungkin menciptakan situasi tetap aman dan kondusif di kabupaten Bangkalan. Selain itu, perwira yang kini berpangkat melati dua di pundak tersebut meyakinkan masyarakat Bangkalan akan terus merangkul berbagai pihak dan juga menyatukan visi misi dengan forkopimda guna mewujudkan kabupaten Bangkalan menjadi lebih sejahtera.

Tak hanya itu saja, AKBP Rama yang berhasil mempersembahkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) untuk Kepolisian Resor Bangkalan ini, menegaskan akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk mengawinkan predikat WBK yang telah diraih di 2019 dengan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada tahun ini.

Komitmen itu ditunjukkannya dengan berbagai macam inovasi dan terobosan kreatif seperti renovasi pembangunan gedung Dalmas dan AULA, memperindah taman dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta merealisasikan aplikasi Bangkalan SEHAT dalam rangka mencegah angka penyebaran covid-19 di kabupaten Bangkalan.

Sesuai dengan slogan di awal kedatangannya yakni KARAPAN (Kreatif, Aman, Profesional, dan Beriman), AKBP Rama Samtama Putra siap mengukir tinta emas di kabupaten Bangkalan dengan torehan prestasi yang membanggakan. Mari bekerja bersama untuk mewujudkan kabupaten Bangkalan yang aman, dan Kondusif !!.